top of page

PEMIMPIN YANG JUJUR


 

Nehemia 3 : 16-22


16 Di sampingnya Nehemia bin Azbuk, penguasa setengah wilayah Bet-Zur, mengadakan perbaikan sampai di depan pekuburan Daud dan sampai pada kolam buatan dan rumah para pahlawan. 17 Di sampingnya orang-orang Lewi mengadakan perbaikan, yakni Rehum bin Bani, dan berdekatan dengan dia Hasabya, penguasa setengah wilayah Kehila yang satu, untuk wilayahnya. 18 Di sampingnya saudara-saudara mereka, yakni Binui bin Henadad, penguasa setengah wilayah Kehila yang lain, mengadakan perbaikan. 19 Berdekatan dengan dia Ezer bin Yesua, penguasa Mizpa, memperbaiki bagian yang berikut, di depan pendakian ke gudang senjata, dekat Sudut. 20 Di sampingnya Barukh bin Zabai memperbaiki bagian yang berikut, dari Sudut sampai pada pintu masuk rumah imam besar Elyasib. 21 Di sampingnya Meremot bin Uria bin Hakos memperbaiki bagian yang berikut, dari pintu masuk rumah Elyasib sampai pada ujung rumah Elyasib. 22 Di sampingnya para imam, orang-orang dari Lembah Yordan, mengadakan perbaikan.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

 


Apa arti kata jujur menurut Sobat Teruna? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jujur berarti lurus hati, tidak berbohong, berkata apa adanya, tidak curang, tulus, ikhlas. Nah, bagaimana dengan Sobat Teruna? Apakah Sobat Teruna sudah berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari?


Nehemia adalah seorang pemimpin yang saleh dalam pemerintahan. Ia jujur, bijaksana, berani dan memiliki iman yang teguh. Karena sifatnya ini, Nehemia mendapat banyak bantuan dari para penguasa wilayah dan seluruh lapisan orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem dalam pembangunan kembali tembok Yerusalem. Mereka bergotong royong membangun kembali tembok Yerusalem. Pintu gerbang dipasang kembali, berikut pengancing dan palangnya yang telah rusak. Mereka bahu membahu bekerja dengan sungguh-sungguh, hingga tembok mengelilingi seluruh kota. Mereka memperbaiki sampai di depan pekuburan Raja Daud hingga rumah para pahlawan (ayat 16).


Sobat Teruna, memperbaiki adalah suatu proses pekerjaan yang tidak mudah. Pekerjaan memperbaiki bangunan rumah atau lainnya membutuhkan biaya, tenaga dan kemampuan berpikir yang tinggi. Di samping itu juga yang tidak kalah pentingnya adalah membutuhkan karakter yang baik dan motivasi yang benar. Sifat jujur adalah modal penting dalam pelaksanaan membangun ataupun memperbaiki sesuatu, terlebih kehidupan seseorang yang telah rusak. Sifat jujur harus dimiliki oleh seorang anak Tuhan yang mau dipakai-Nya menjadi alat-Nya dalam membangun ataupun memperbaiki suatu lingkungan yang rusak. Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk berkata ya di atas ya dan tidak di atas tidak. Meskipun untuk berlaku jujur tidak mudah, ada banyak rintangan dan godaan yang mungkin akan kita alami, tetapi percayalah bahwa Tuhan Yesus akan memberikan kekuatan serta kemampuan, apabila sobat teruna mau hidup jujur. (SMS)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Terima kasih Tuhan untuk firman-Mu pada hari ini yang mengajarkan aku untuk hidup jujur dan menuruti perintah-Mu. Tolong mampukan aku Tuhan agar hidupku berkenan kepada-Mu.



Commentaires


bottom of page